Friday, July 24, 2015

'Jual Diri' on Gumtree



Saat gue pusing cari kerja beberapa bulan lalu, salah satu temen gue nyaranin 'jual diri di Gumtree'. Akhirnya gue bikin akun on gumtree.com. Gue mengiklankan diri gue jadi domestic cleaner, tarif nya 25/hour buat bersihin rumah, kerjaannya meliputi dusting, vacuuming, and Mopping. Kerjaannya mirip mirip kerjaan PRT  lah, tapi bayarannya lumayan. 

Udah hampir seminggu, tapi masih ngga ada tawaran cleaning, Akhirnya gue turunin $23/hour. Hari hari berlalu tanpa ada yang hubungin gue, Akhirnya gue banting harga $20/hour.

Penelpon pertama gue cewek, dia nanya gue punya police clearance ngga? Tapi gue ngga punya, gagal dapat jobnya. Police clearance itu semacam SKCK kalo di Indonesia. Rata rata client menginginkan domestic cleaner yang memiliki police clearance. Kadang saat kita datang membersihkan pemilik rumah sedang bekerja dan rumahnya kosong. Makanya mereka butuh kita punya police clearance.

Orang kedua yang menghubungi gue bapak bapak, Sms minta facebook gue, Setelah gue kasih FB gue dia bilang "Sorry, i am looking for a female cleaner." Kebetulan housemate gue Ana juga pengen jadi domestic cleaner jadi gue kasih nomor bapak itu buat Ana hubungin. Tapi bapak itu maunya domestice cleaner yang udah lama stay di Australia. Sedangkan Ana waktu itu belum sebulan nyampe di Oz.

Orang ketiga yang sms gue cewek namanya Hajera, dari namanya gue yakin dia Moslem. Setelah dikasih alamatnya, ternyata rumahnya dekat Masjid Ibrahim. It means gue gak perlu ngabisin $8 buat transport. Gue bisa jalan kaki kerumahnya. Dia nanya gue "Do you have police clearance?" dan gue reply "I don't have, but you can trust me :)" Dia reply "OK, you can come Monday  10am at my home."

Hari senin jam 10am gue udah depan rumahnya. Gue pencet bel, Pintu terbuka dan dia kaget begitu melihat gue, kaget seperti melihat hantu, dan tiba tiba dia menutup pintu lagi. Perasaan gue jadi ngga enak. Kemudian pintu terbuka lagi dan dia udah mengenakan hijab. Ternyata dugaan gue benar, dia mengira gue cewek :( Dia minta maaf, dia hanya ingin female cleaner. Kemudian gue menawarkan temen gue Ana lagi :) Akhirnya Ana Cleaning rumahnya dua jam dapet $40, tapi sekali doang karena setelah itu dia keterima kerja di Sandstone 10 jam naik bis dari Perth.

Temen gue yang nyaranin gue jual diri sebagai cleaner on Gumtree punya pengalaman penelpon iseng, waktu itu ada yang pernah nelpon dia buat cleaning rumah, orang itu mau bayar temen gue 100/hour tapi harus cleaning sambil naked dirumahnya, Orang gila!!!!

Temen gue di Melbourne setelah berbulan bulan nyari kerja ngga dapat dapat, sebenarnya dia terlalu picky sih, ngga mau kerja kalo bukan minimal $15/hour, karena ini dia susah dapat kerja. Akhirnya dia Mengiklankan dirinya di Gumtree Mau kerja ngga dibayar asalkan diajarkan skill seperti barista dll, dan ada yang manggil, kerjanya jadi semacam waiter, ngga dibayar sih, tapi dikasih makanan takeaway sebelum pulang. Lumayanlah.....

   

No comments:

Post a Comment