Thursday, July 2, 2015

For you, yes you who want to work and holiday in Australia





Setelah dipecat di Hobba cafe, gue jadi autis, gue menghabiskan waktu berjam jam depan komputer tiap hari, browsing gumtree dan seek.com

Banyak banget lowongan kerja Barista yang gue temuin. Housekeeping, dan sempat kenalan teman dari Jerman. Kerjaannya santai banget, cuman vacum dan bersihin mobil dan gajinya $21 per hour kalo week days, week ends lebih gede lagi. Tapi sayang gue ngga bisa nyetir. 

Rasanya menyesal datang kesini tanpa persiapan, Padahal sebelum berangkat ke Australia, rencananya pengen ikut driving course tapi ngga jadi.

Ngurus visanya kemarin sekitar enam bulan, bisa gue pake magang di cafe jadi Barista selama beberapa bulan, atau kerja housekeeping di hotel Indonesia. Atau belajar nyetir, Tapi gue malah keliling Jawa dan Sulawesi. Nyesal iya :( 

Jadi buat kamu yang akan berangkat WHV ada baiknya kamu magang dulu di Cafe atau Restaurant jadi Allrounder atau Barista, Saran sih Barista karena katanya Barista gajinya gede. 

Pekerjaan di Australia rata rata mengharuskan kamu punya pengalaman kerja. Walaupun cuman kerjaan dishwasher di CV harus ada pengalaman dishwahser, bisa ngarang ngarang aja sih, tapi kan nanti kamu di Trial ( semacam di test bisa kerja apa ngga). Jadi alangkah baiknya kalo kamu ada persiapan sebelumnya.

Housekeeping merupakan salah satu kerjaan mendulang dollar di Australia. Kerjanya sih berat [memang semua kerja berat kan,ya] Kamu dituntut making bed, membersihkan kamar sebersih mungkin dan biasanya satu kamar harus bersih dalam 25 menit [Biasanya] Beda hotel mungkin beda rule. Jadi ada baiknya kamu magang dulu di Hotel Indonesia jadi housekeeper biar ada pengalaman dan buat nambah nambah isi cv nanti.

Kalo kamu bisa nyetir motor dan Mobil buat SIM international di Jakarta, SIM international berlaku tiga tahun (kalo ngga  salah ya) banyak kerjaan yang mengharuskan kamu punya driving licence, jadi Au Pair aja biasanya harus ada driving licence buat ngantar dan jemput anak ke sekolah. Sim motor bisa kamu pake Apply kerjaan ngantar Pizza, seperti Domino dan Peperoni Pizza, Kemarin gue mau apply di mintain copi Sim international, Tapi gak punya. Bisa sih di translate di kedutaan, Tapi menurut gue lebih bagus bikin sim International aja. lebih lama berlakunya kalo Driving Licence International yang bisa kamu buat di Jakarta. 

Pokoknya persiapkan diri kamu sebaik mungkin sebelum berangkat ke Australia. Australia itu keras tapi bisa ditaklukkan.

Good luck :)

No comments:

Post a Comment