Sunday, July 12, 2015

First Day Waiter in Malaysian Cafe



Setelah melalui beberapa hari training di Cafe yang terletak di Victoria Park, Western Australia. Akhirnya kerja juga, Training disini ngga mendapat bayaran, Jadi setelah training selesai kamu bisa take away makanan. Makanan inilah gaji training kamu.

Hari pertama kerja shift gue cuman tiga jam doang start 6.30 pm selesai 9.30 pm. Tapi gue jam lima udah sampai, karena lagi puasa jadi sekalian buka puasa dulu sebelum kerja. Jam 6 gue udah mulai kerja karena boss gue minta gue kerja lebih awal karena gue masih harus belajar banyak. 

Waiter kerjanya nganter makanan ke meja costumer, bikin minuman dan nganterin ke costumer, bersihin meja, dan jadi Cashier juga.

So far yang susah buat gue itu jadi Cashiernya, harus ngafal pencet yang mana kalo costumer order menu dan harus cepat karena kadang antriannya panjang banget, apalagi cashiernya cuman satu doang.

Hari itu ada yang order Mee Goreng yang harganya $9.50, costumer bayarnya pake kartu debit. Di Resto ini kalo bayar pake kartu kena charge $0.50 sehingga total yang harus dia bayar jadi $10. Gue pencetlah angka 1 dan 0 di mesin itu dan mentap kartu itu dimesin, beres deh. Tapi ternyata belakangan teman gue cek, ini kok ada costumer yang bayar cuman $0.10 doang dan ternyata itu kerjaan gue. Gue jelasin ke temen gue tadi gue pencet angka 1 dan 0 dimesin gesek. Dan ternyata kalo $10 pencetnya 1 dan 0 tiga kali. 

Orderan dari Costumer
Kesalahan kedua gue. Ada kostumer yang order nasi beriani with beef rendang dan Fish Assam yang diasingkan. Gue dateng bawa sepiring nasi beriani with beef beriani and fish assam, kemudian costumer gue ngomel ngomel minta digigantiin karena fish asamnya ngga diasingkan. Gue pikir diasingkan itu artinya dibuat agak asin dan ternyata gue salah, diasingkan (Bahasa Malay) artinya dipisahin fish assamnya. hiks...

Nasi Beriani with Fish Assam and Beef  Rendang
So far gue suka kerja disini, good staff, ngga kayak staff staff waktu gue kerja di Cafe bule di Melbourne, Staffnya very rude dan doyang banget maki maki. Setiap ngomong suka ada kata f*ck yang terselip, kerjanya ngga terlalu berat and good pay, sayang shift minggu pertama gue cuman delapan jam dan belum bisa nutupin biaya rent kamar gue :(

No comments:

Post a Comment