Monday, January 9, 2017

Muharram di Iran

Tea stall in Isfahan

 Jika kamu mengunjungi Iran pada bulan Muharram, khususnya menjelang peringatan Asyura, kamu akan menemukan banyak tea stalls on the street. The good thing is the tea is free and sometimes not only tea but come with date fruit or cake or biscuit.



Teh di Iran dihidangkan di gelas kecil banget. Imut banget gelasnya. Dua kali gue bertamu ke rumah kenalan di Iran, selalu di suguhi teh.



Saat di Tehran antrian untuk mendapatkan teh lebih susah, karena banyaknya antrian. sedangkan di kota Isfahan dan Tabriz lebih mudah mendapatkan teh dan kadang ngga ada antrian dan bisa minum beberapa gelas :)



Selain bisa minum teh gratis kamu bisa milihat ritual tasua dan asyura yang pastinya menarik untuk disaksikan. Puncak perayaan tasua di Tabriz digelar pada malam hari tanggal 9 Muharram dan Tanggal 10 peringatan Asyura. Pada saat peringatan asyura biasanya akan ada open house dan makan bersama. Siapapun bisa ikut makan. Tinggal ikut antri dan saat di Tabriz sebagai turis gue mendapat perlakuan istimewah ngga perlu ngantri.Langsung masuk dan makan bersama warga Tabriz.


Tasua Mourning Ceremony

Ashura Day Lunch